Tips Menghitung Anggaran Biaya Liburan

Tips Menghitung Anggaran Biaya Liburan

Keluarga sehat – Sejenak liburan idaman yang kita rencanakan sangat indah, namun terkadang menyisakan permasalahan keuangan yang membuat impian liburan idaman itu menjadi terganggu. Namun kita dapat mensiasati dengan tips anggaran budget liburan ini.

  • Dana tranportasi harus disediakan sekitar 25%. Tentukanlah jenis tranportasi yang akan ada gunakan untuk ke tempat tujuan wisata. Carilah informasi mengenai tiket hemat yang dapat anda pesan untuk pulang pergi. Biaya tranportasi ini juga termasuk tranportasi darat ke tempat wisata.
  • Sekitar alokasi dana 20% dari budget liburan anda. Carilah informasi sebanyak-banyak mengenai tempat-tempat penginapan pada tempat tujuan rekreasi anda. Untuk mendapatkan sarana penginapan cocok dengan budget anda.
  • 15% untuk kebutuhan makanan. Biaya makan perhari dikalikan jumlah hari liburan anda. Untuk penghematan, pergilah kerestoran-restoran menu paket untuk mencicipi beberapa menu makanan sekaligus atau pasar – pasar yang menjual makanan khas lokal.
  • Anggaran 15% untuk tempat wisata. Budget ini untuk pembelian tiket tempat wisata yang akan kita kunjungi. Carilah informasi sebelumnya untuk estimasi harga tiket dan waktu kunjungannya.
  • 15% untuk buah tangan. Membawa buah tangan biasanya menjadi hal yang paling boros pada liburan. Buatlah daftar barang yang akan anda beli dan siapa yang hendak anda berikan.
  • Carilah informasi diskon yang dapat menghemat pengeluaran anda.
  • 10% untuk biaya tak terduga. Biaya ini dapat digunakan jika sewaktu-waktu anda sakit atau mengalami pencurian di tempat wisata atau pun keadaan tak terduga lainnya.
  • Manfaatkan liburan bersama keluarga minimal 1 x dalam 1 tahun untuk mendapatkan kebahagiaan lebih bersama keluarga tercinta. Ajak pasangan atau anggota keluarga anda untuk berlibur secara rutin.

Berikut ini  beberapa manfaat berlibur :

Manfaat liburan bagi kesehatan memberikan hal yang baik bagi keseimbangan kebutuhan tubuh, selain itu ia juga bermanfaat untuk berbagai faktor dalam kehidupan, berikut penjelasannya:

Mengurangi stress

Rutinitas yang setiap hari dilakukan terus-menerus membuat perasaan jenuh yang dapat membangkitkan stress. Cenderung tidak tertarik dalam melekukan sesuau, tidak adanya motivasi dan kelelahan adalah gejala stress. Penelitian pada 76 pegawai, menunjukkan perasaan stress mereka cenderung menurun dengan liburan.

Membuka wawasan baru

Bertemu dangan banyak orang saat liburan memungkinkan anda mendapat teman baru dari berbagai penjuru. Ini memicu daya sosialisasi anda pada hal-hal yang baru dan menambah pengetahuan anda. Tidak menutup kemungkinan mendapat rekanan bisnis baru.

Menumbuhkan percaya diri

Bepergian ke tempat-tempat impian anda dapat menjadi salah satu pencapaian yang dilihat untuk ukuran tersendiri sebuah kesuksesan. Sekian lama anda bekerja dan mengumpulkan untuk liburan, membuat kenikmatan liburan menjadi lebih mengasyikan.

Mencegah Stroke

Relevansinya memang banyak dianggap hanya sedikit, namun anda perlu mengetahui bahwa orang yang ceria penuh dengan kebahagiaan serta memori yang indah akan lebih sedikit resiko terkena stroke.