Tips Menangani Anak Sakit Pilek di Rumah

Tips Menangani Anak Sakit Pilek di Rumah

Keluarga sehat – Saat cuaca sedang tidak menentu, sering hujan tiba-tiba panas terik, biasanya dapat menyebabkan banyak penyakit yang menerang anak-anak, terutama pilek. Saat si kecil terkena pilek, ada cara mudah selain membawanya kedokter maupun minum obat.

Kita hanya perlu memastikan agar anak beristirahat dan mendapat nutrisi yang cukup dari makanan sehat. Namun jika anda ingin anak cepat sembuh, beberapa cara dibawah ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk anda menangani anak sakit pilek dirumah.

1. Menghirup Uap Panas

Profesor Steve Field, ketua Royal College of General Practitioners menuturkan sekumpulan virus dan respons kekebalan tubuh yang kurang baik menyebabkan gejala pembengkakan saluran hidung dan lapisan sinus. Alhasil hal itu menyebabkan si kecil bersin, pilek dan mata sakit.

Prof Field menyarankan uap adalah pilihan yang baik untuk meredakan pilek. Caranya, ajak anak menghirup uap dari semangkuk air panas. Bunda bisa memberi tetesan minyak tumbuhan seperti minyak kayu putih atau minyak hangat lainnya. Penambahan minyak hangat ke dalam air panas ini, sehingga akan membuat hidung yang pilek menjadi lebih lega.

2. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat bekerja dengan sangat baik untuk meredakan pilek. Begitu kata Profesor Ron Eccles, Direktur Common Cold Research Center di Universitas Cardiff.

Suatu studi menemukan efek dari minum minuman hangat akan menimbulkan aliran udara hidung yang tersumba. Nah, hidung yang pilek akan mengalami penurunan derajat penyumbatan sehingga menjadi lebih segar. Minuman hangat ini juga membuat batuk dan sakit tenggorokan lebih ringan.

3. Makan Sup Ayam atau Kari

Sup buatan sendiri sangat baik untuk semua hal, terutama jika itu menggunakan daging ayam. Saat memakan sup ayam hangat, hidung akan menghirup uap aromatik, sehingga membuat hidung lebih lega. Sup ayam juga membuat tubuh terhidrasi dan memberi kenyamanan.

Ada juga klaim bahwa daging ayam memiliki sifat anti-virus, terutama jika kulitnya tertinggal. Pada tahun 2000, para ilmuwan di University of Nebraska Medical Center di Omaha menemukan bahwa beberapa komponen sup ayam menghambat migrasi neutrofil, yang mungkin memiliki anti-virus.

4. Mengajak Anak Lebih Santai

Ajak anak bersantai-santai saat terkena pilek itu adalah hal yang bagus lho, Bun. Karena ini membuat anak rilek dan membuat imunitasnya meningkat. Kalau Bunda yang pilek, mungkin Bunda bisa mengambil cuti kerja untuk beristirahat di rumah dan bersantai sejenak. Selain akan membuat pilek lebih cepat sembuh juga membuat teman-teman kantor lebih aman dari tertularnya penyakit ini.

5. Madu

Minum madu sangat efektif saat pilek. Sebab madu bisa membantu daya tahan tubuh. Jika diminum secara rutin, madu menghasilkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh serta dapat mencegah panas dalam.

Jika diberikan pada malam hari menjelang tidur, madu lebih efektif untuk meredakan batuk dibanding sirup obat batuk rasa madu, serta membantu anak tidur lebih nyenyak. Demikian hasil penelitian yang dimuat dalam Archives of Pediatric and Adolescent Medicine. Dosis pemberian madu sama seperti obat batuk OTC, yaitu ½ sendok teh untuk usia 1-5; 1 sendok teh untuk usia 6-11; serta 2 sendok teh untuk usia 12 ke atas.