Meluangkan Quality Time Kunci Keluarga Harmonis

Meluangkan Quality Time Kunci Keluarga Harmonis

Keluarga sehat – Padatnya aktivitas dan pekerjaan kerap kali membuat para orang tua kurang memiliki waktu untuk menghabiskan hari bersama keluarga, terutama si Kecil. Dasar terbentuknya sebuah keluarga yang harmonis dengan meluangkan quality time bersama anak akan membuat si kecil merasa selalu dekat dan mendapatkan perhatian dari orangtuanya.

Memanfaatkan hari libur panjang sekolah untuk mendapatkan quality time mereka bersama sang buah hati dilakukan oleh hampir semua orang tua untuk bersama sang anak. Dan tak jarang ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk berpelesir ke luar kota atau negeri demi mendapatkan pengalaman liburan seru bersama keluarga tercinta.

Quality time yang seru bersama anak juga bisa didapatkan di rumah tanpa perlu mengeluarkan budget besar. Berikut beberapa ide yang akan membuat liburan kali menjadi quality time yang seru dan sehat.

Berolahraga bersama

Berolahraga bersama

Selain menciptakan kehangatan, aktivitas ini juga akan membuat seluruh anggota keluarga menjadi lebih bugar dan sehat. Ajaklah anak-anak untuk membantu menentukan daftar olahraga apa saja yang bisa dilakukan bersama. Perlu dipastikan jika olahraga tersebut dapat dilakukan oleh semua anggota keluarga. Kita juga bisa mengadakan kompetisi kecil-kecilan agar si kecil lebih semangat, dengan mengadakan hadiah bagi siapa yang paling rajin olahraga .

Bermain bersama

Bermain bersama

Kita bisa memilih aktivitas outdoor seperti lompat tali, basket, sepak bola, atau bahkan petak umpet. Kesenangan yang didapat saat melakukan permainan tersebut bisa bantu membentuk kekompakan keluarga. Sebab permainan-permainan tersebut biasanya dilakukan secara berkelompok, sehingga kita bisa mengasah anak-anak untuk mengatur strategi bersama, mengajarkan mereka arti kerjasama, dan pasti aktif bergerak.

Berkreasi bersama

Berkreasi bersama

Ajak seluruh anggota keluarga untuk menari bersama. Libatkan si Kecil dalam pemilihan lagu dan kreasikan tarian sehingga mereka akan sangat menikmatinya. Atau bisa juga melakukan kontes hula hoop yang bisa meningkatkan semangat kompetisi dengan cara yang menyenangkan.

Berkebun bersama

Berkebun bersama

Si Kecil tidak suka mengonsumsi sayur? Aktivitas berkebun bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut. Studi dari Texas A&M University menemukan, anak-anak akan menunjukkan rasa ketertarikan yang lebih untuk merasakan sayuran-sayuran yang mereka sudah tahu, kenal, serta tanam sendiri. Ajak anak untuk ikut menanam benih, menyiram, dan memberikan pupuk. Jika kita tidak memiliki kebun yang besar, kita bisa mengajak si Kecil menanam tanaman hias di pot.Selain sebagai ajang perekat hubungan antara kita dengan sang buah hati, kegiatan menggali, mencangkul, dan menyiangi rumput bisa menjadi cara yang cukup efektif bagi anak kita untuk membakar kalorinya.