Manfaat Makan Sayuran Bagi Tubuh

Manfaat Makan Sayuran Bagi Tubuh

Keluarga sehat – Memakan sayuran merupakan sebuah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehatan, karena tidak semua zat yang dibutuhkan tubuh tersedia pada menu makanan hewani atau daging.

Meski memakan daging memang perlu, namun jika tidak mengkonsumsi sayuran maka akan terjadi ketidakseimbangan pada tubuh. Seperti yang diketahui, sayur-sayuran memang kaya akan vitamin, mineral dan serat, yang semuanya penting untuk diet sehat. Penelitian juga menunjukkan, bahwa semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit.

Manfaat Makan Sayuran Bagi Tubuh

Berikut beberapa manfaat baik untuk kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran :

Membuat kita Sehat, Cantik dan tampak awet muda

Diet tinggi sayuran tidak hanya akan membuat kita merasa lebih baik, juga akan membuat kita lebih sehat. Suplemen vitamin yang ada tidak akan bisa mengungguli kekuatan vitamin dari sumber alami. Bila Anda menekankan sayuran berwarna–merah, oranye, kuning, dan hijau tua – maka Anda akan memasok berbagai macam vitamin penting bagi tubuh, terutama A , B , C dan K , serta mineral.

Dengan demikian, sirkulasi darah akan mencapai tingkatan yang maksimal, dan sel-sel tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan demikian kulit kita akan menjadi bersih, mata cerah, rambut mengkilap dan gigi yang kuat. Tampak segar dan cantik/gagah dan awet muda adalah hasil akhirnya, sebagai kebalikan dari tampak pucat, lemah, tua dan sakit-sakitan.

Bergizi tinggi namun rendah lemak

Sayuran dan buah-buahan sama, mereka rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K.

Sumber terbesar zat antioksidan

Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber antioksidan. Memakan sayuran juga dapat membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit(kekebalan tubuh), mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan Oksidan. Zat Oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, adalah molekul yang racun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena bersifat merusak(mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini bisa menyebabkan penyakit berat seperti kanker dan jantung. Oksidan atau Radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan. Dengan demikian maka tubuh kita memerlukan zat yang bersifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk menyingkirkan zat perusak yang bernama oksidan. Jadi pentingnya sayuran dan buah ini karena mereka adalah makanan yang tinggi mengandung antioksidan, sehingga akan membuat kita jauh dari penyakit.

Sumber serat tinggi

Sayuran banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini berguna untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh. Dengan demikian, asupan serat yang cukup menawarkan perlindungan dari wasir, kanker usus besar, sembelit kronis, dan fisura.

Mencegah kita dari kegemukan

Mayoritas jenis sayuran yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayuran yang mengandung kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, sawi, terong, bayam, labu, dll. Penelitian menunjukkan bahwa makan-makanan yang rendah kalori, namun kaya nutrisi akan membantu tubuh tetap fit dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak makan sayuran akan membuat Anda tetap sehat, sementara mencegah dari obesitas.