Manfaat Ikan Untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Ikan Untuk Kecerdasan Anak

Keluarga sehat – Kabar baik bagi anak yang gemar makan ikan. Selain kandungan gizi pada ikan yang bisa membantu anak memiliki IQ lebih tinggi, ada manfaat lain yang tak terduga dari kebiasaan anak makan ikan.

Penelitian terbaru mengungkapkan, kebiasaan anak makan ikan tidak saja membuatnya lebih cerdas, namun juga membantu anak tidur lebih nyenyak.

Seperti yang kita tahu, tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk otak anak. Menurut artikel yang dipublikasikan di Scientific Reports, manfaat anak makan ikan meningkatkan kualitas tidur, yang pada akhirnya mendorong peningkatan kecerdasannya.

Ilmuwan dari Sekolah Keperawatan di Universitas Pennsylvania, mengumpulkan informasi konsumsi ikan pada 541 anak di China Jintan Cohort Study. Usia anak sekitar 9-11 tahun. Melalui kuesioner yang mereka bagikan, ilmuwan mempertanyakan durasi tidur, seberapa sering anak bangun di malam hari, dan kebiasaan mengantuk di siang hari.

Di usia 12 tahun, anak-anak tersebut menjalani pengujian IQ dengan serangkaian tes kecerdasan.

Manfaat dari kebiasaan anak makan ikan terhadap sistem sarafnya, muncul dari pola tidur yang baik. Kualitas tidur yang lebih baik, menjadikan kemampuan dan performa kognitif anak lebih baik. Penelitian ini juga mengungkapkan, semakin banyak anak makan ikan, semakin sedikit masalah berkaitan dengan pola tidur yang ia alami.

Profesor Jianghong Liu, yang memimpin studi ini mengatakan, “Ikan membantu tidur lebih baik, sehingga meningkatkan IQ anak. Jika orangtua ingin anaknya lebih sehat dan punya prestasi akademik di sekolah, mereka harus menyajikan ikan sebagai menu makanan sesering mungkin. Setidaknya dua kali seminggu.”

Ikan berminyak seperti salmon dan sarden, kaya akan asam omega 3 seperti EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Kedua nutrisi ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan fungsi jaringan saraf, juga kemampuan kognitif.

Para peneliti mendorong semua orangtua untuk membiasakan anak makan ikan sejak balita. Hal ini akan membantu anak mengenali dan menyukai tekstur dan rasa ikan sejak dini. Makan ikan 1-2 seminggu juga sudah cukup sebagai asupan yang tinggi bagi anak.