Kunci Sukses Keluarga Sehat dan Harmonis

Kunci Sukses Keluarga Sehat dan Harmonis

Keluarga sehat – Keluarga sehat, bahagia dan harmonis sepertinya menjadi hal ideal bagi setiap orang. Untuk mewujudkan hal ini orang tua menjadi pendukung utama bagi anak dalam mencapai cita-cita mereka. Keluarga sebagai fondasi dari pembentukan karakter seseorang merupakan salah satu kunci suksesnya.

Begitu juga dengan gaya hidup. Ketika anak kecil sudah terbiasa untuk memiliki gaya hidup sehat, higienis dan disiplin, dia pun akan tumbuh menjadi anak yang sehat secara jasmani dan rohani. Disiplin menjadi kunci penting dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menjalankan hal ini dan saling mengingatkan ketika salah satu anggota lupa akan hal ini.

PHBS adalah suatu program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2015 dimana diharapkan pola hidup keluarga Indonesia senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Hal ini diperlukan kesadaran untuk menolong diri sendiri, anggota keluarga serta masyarakat.

Dalam rumah tangga, PHBS dapat diterapkan mulai dari

  • Memastikan bahwa persalinan ditangani oleh tenaga kesehatan,
  • Memberikan ASI eksklusif,
  • Menimbang balita setiap bulan,
  • Gunakan air bersih dalam setiap kegiatan rumah tangga,
  • Cuci tangan dengan air bersih dan sabun,
  • Bersihkan tempat penyimpanan air secara berkala,
  • Berantas jentik nyamuk di rumah sekali dalam seminggu,
  • Makan buah dan sayur setiap hari,
  • Lakukan aktivitas fisik setiap hari dan hindari merokok di dalam rumah.

Mengubah sebuah pola hidup tentu tidaklah mudah. Maka terapkan prinsip perlahan tapi pasti. Biasakan dari hal sederhana untuk anak Healthy People seperti membiasakan cuci tangan sebelum berkegiatan dan sesudahnya. Mencuci tangan dapat mencegah anak dari masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Membiasakan anak untuk membuang sampah di tempat sampah, juga menjadi hal yang baik. Selain mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, dia pun sekaligus menjaga kebersihan lingkungannya.

Perlu diingat untuk menjadi panutan bagi anak dengan melakukan hal yang kamu suruh anak lakukan. Karena dengan melihat, anak lebih cepat mempunyai kesadaran untuk mencontoh daripada hanya mendengar perintah. Mari jadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari hidup keluarga sehat.