Ciri-ciri Penyakit Cacar Air Pada anak

Ciri-ciri Penyakit Cacar Air Pada anak

Keluarga sehat – Cacar air merupakan penyakit menular yang umumnya terjadi pada anak-anak berusia di bawah 10 tahun, namun tidak jarang penyakit ini akan menimbulkan masalah pada ibu hamil, bayi yang baru lahir, remaja dan dewasa, serta orang-orang yang memiliki ketahanan imun rendah.

Cacar air pada anak bukanlah kondisi medis yang kritis. Namun, anak yang terjangkit cacar biasanya harus dikarantina di rumah agar tidak menularkan virus cacar pada orang lain

Ciri-ciri anak terkena cacar :

  • Bentol-bentol kecil kemerahan yang perlahan menebal dan terisi cairan
  • Setelah 1-2 hari, bintil mengering, mengelupas, dan menjadi koreng
  • Kumpulan cacar baru akan muncul setelah 4-5 hari setelahnya
  • Diameter bintil tidak lebih dari 0.5 cm
  • Ruam kemerahan yang muncul biasanya dimulai dari area sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar ke seluruh tubuh setelah 1-2 hari
  • Demam. Semakin banyak bintil cacar yang mucul, semakin tinggi demam. Namun, anak Anda mungkin tidak akan mengalami demam pada hari pertama cacar atau jika bintil yang muncul tidak terlalu parah.
  • Ruam juga umum terjadi dalam mulut, kelopak mata, dan kelamin
  • Anak Anda terkena kontak dengan anak penderita cacar air 10-21 hari sebelumnya
  • Jika anak Anda menunjukkan gejala yang berbeda, hubungi dokter. Umumnya diagnosis cacar air pada anak terbilang mudah.

Bintil cacar baru akan muncul setiap hari selama 4-5 hari. Demam yang mengikuti cacar biasanya akan berada di angka tertinggi pada hari ketiga atau keempat. Anak-anak akan mulai merasa baikan dan demam akan menurun setelah bintil cacar perlahan menghilang. Rata-rata seorang anak akan mendapatkan 400-500 bintil cacar.

Cacar air sangat mengganggu penampilan. Tugas Anda sebagai orangtua adalah terus yakinkan anak Anda bahwa luka cacar hanyalah sementara dan akan cepat menghilang. Cacar air tidak meninggalkan bekas luka permanen, kecuali jika bintil cacar air terinfeksi dengan impetigo atau anak Anda terus menerus menggaruk bentolnya. Namun, bekas luka cacar membutuhkan waktu setidaknya 6–12 bulan sampai benar-benar hilang.

Cacar air biasanya akan hanya akan terjadi sekali, dan setelahnya anak Anda akan membangun imunitas terhadap virus cacar yang akan bertahan seumur hidup. Sangat jarang adanya kasus cacar air yang kambuh lagi pada saat dewasa.