6 Jenis Makanan Enak dan Bergizi Bayi

6 Jenis Makanan Enak dan Bergizi Bayi

Keluarga sehat – World Health Organization (WHO) merekomendasikan para ibu untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada anak-anaknya. MPASI bisa diberikan pada anak mulai usia 6 bulan hingga 24 bulan. Pemberian MPASI berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi bayi yang tak dapat terpenuhi oleh ASI saja.

MPASI dapat diberikan dengan tekstur yang encer hingga kental. Setidaknya agar bayi dapat mengonsumsinya dengan baik dan mudah.

Berikut ini kami berikan 6 jenis makanan enak dan bergizi bayi

1. Bubur Halus

Bubur halus ini terbuat dari berbagai macam bahan yang sehat dan penuh nutrisi baik bagi bayi. Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat bubur halus adalah beras, jagung, biji-bijian dan susu yang biasa diminum si kecil.

2. Labu Kuning

Memberikan labu kuning pada bayi akan menambah protein nabati dalam tubuh si kecil. Labu kuning tersebut sebaiknya diolah dengan cara dikukus, dilumatkan, dan disaring hingga halus. Mengolahnya secara demikian agar serat labu tersaring dan tidak menyebabkan sembelit pada bayi.

3. Pepaya

Buah dengan rasa manis satu ini tentu tak hanya favorit orang dewasa. Si kecil pun akan jatuh hati dengan rasa buah pepaya yang begitu menyegarkan. Pepaya dipercaya sangat baik dikonsumsi untuk bayi. Kandungan airnya yang banyak akan membantu pencernaan si kecil dan tidak membuatnya sembelit.

4. Apel

Tak hanya buah pepaya yang baik untuk bayi. Apel pun menjadi salah satu buah yang dapat diberikan bunda untuk sang buah hatinya.

Apel mengandung banyak gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, vitamin A dan C. Kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Kamu bisa mengolah apel dengan memotongnya kecil-kecil, kemudian di kukus dan dihaluskan agar bayi bisa mencernanya.

5. Pisang

Selain pepaya baik untuk pencernaan si kecil, buah pisang juga berkhasiat sama lho! Tekstur pisang yang lembut tidak akan menyulitkan si kecil saat melumat atau mencernanya. Hal yang paling penting adalah pisang yang diberikan harus yang sudah matang dan dihaluskan!

6. Kaldu Ayam atau Daging

Hindari memberikan bumbu penyedap rasa seperti MSG pada bayi. Mengenalkan rasa makanan yang beraneka ragam pada bayi tentu penting. Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai makanan pendamping ASI ini adalah kaldu ayam atauun kaldu daging.

Tentunya, kaldu yang digunakan jangan menggunakan produk kimia atau olahan pabrik. Lebih baik kamu membuat kaldu ayam atau daging itu sendiri.