3 Olahan Sehat Kacang Hijau Untuk Anak

3 Olahan Sehat Kacang Hijau Untuk Anak

Keluarga Sehat – Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak.

Tidak mengherankan jika banyak ahli nutrisi yang menyarankan agar lebih sering mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang hijau. Sajian kacang hijau ini bisa diolah menjadi beragam camilan yang dibutuhkan anak.

Namun apa saja olahan sehat kacang hijau bagi anak? Berikut tips dari hidup keluarga sehat untuk bunda.

1. Susu kacang hijau

Pernah tidak menyajikan susu kacang hijau untuk si kecil? Seperti yang kita ketahui bahwa susu memiliki manfaat yang baik karena mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Pun dengan kacang hijau. Untuk itulah saat susu dipadukan dengan kacang hijau akan memberikan kombinasi yang baik untuk tubuh.

Cara membuatnya mudah kok. Bahan-bahannya, 3 cup kacang hijau. 1 sachet kecil (35gr) susu bubuk dan 6 sdm gula(tergantung selera, bila tidak suka terlalu manis, gulanya bisa dikurangi). Serta 1 liter air.

Cara mengolahnya, cuci kacang hijau, lalu rebus sampai empuk dan air menyusut. Lalu rebus lagi kacang hijau yang sudah empuk tadi dengan 1 liter air. Rebus sampai mendidih. Jika sudah matang lalu dinginkan.

Masukan kacang hijau yg sudah dingin dalam blender, tambahkan susu dan gula. Lalu blender sampai halus. Sajikan bisa ditambah es batu.

2. Kacang hijau goreng tepung/ Gandasturi

Salah satu camilan sehat yang bisa Bunda sajikan untuk si kecil adalah kacang hijau goreng tepung. Adapun bahan- bahan yang dibutuhkan adalah serupa dengan membuat bubur kacang hijau. Bunda pun bisa memanfaatkan bubur kacang hijau yang belum habis yang dibuat menjadi adonan kue kacang hijau goreng tepung.

Caranya, kentalkan bubur kacang hijau sampai membentuk adonan yang kalisi biarkan dingin. Kemudian campurkan dengan tepung terigu dan aduk sampai rata keseluruhan. Setelah itu, bentuk adonan kacang hijau menjadi bulat, atau sesuai dengan keinginan.

Barulah setelah itu, buat adonan celupnya, caranya dengan mencampurkan tepung beras, telur ayam, tepung terigu, serta air mineral hingga merata keseluruhan. Saat adonan untuk celupan sudah siap, masukkan adonan kacang hijau yang telah dibentuk dalam adonan celupan kemudian goreng dengan minyak goreng yang sudah panas.

3. Popsicle

Jika selama ini kacang hijau hanya diolah sebagai bubur, bagaimana jika Bunda membuatkan popsicle kacang hijau untuk si kecil? Saat Bunda membuat bubur kacang hijau namun ternyata si kecil tidak selera, langsung saja memasukkan bubur kacang hijau dalam cetakan popsicle. Biarkan membeku dalam freezer.